Liputan6.com, Jakarta Perjalanan Skyline Cook Off Challenge 2022 yang diselenggarakan Rotaryana Prima terus berlanjut ke babak Grand Final. Skyline Cook Off Challenge 2022 (SCOC 2022) sendiri merupakan kegiatan kompetisi pertama di Indonesia yang memadukan unsur kuliner dan bisnis.

Kompetisi ini diperuntukkan untuk para UMKM, koki, dan industri kuliner rumahan Indonesia yang bertujuan untuk menunjukkan kreativitas mereka yang dikemas dengan video yang menarik, unik dan orisinil sebagai bentuk edukasi para pelaku bisnis kuliner tersebut kepada masyarakat Indonesia mengenai pengolahan masakan Indonesia yang orisinil dan juga bagaimana makanan tersebut dapat menjadi suatu bisnis kuliner.

Setelah melalui babak semifinal (7-9 Maret 2022), Tim Beunghar El Kitchen dan Tim Nub’s Kitchen terpilih untuk Kembali bertanding di babak Grand Final yang diadakan pada tanggal 30 Maret 2022 di Gedung Putih, Bintaro, Tangerang Selatan. 

Dalam pelaksanaan acara Grand Final Skyline Cook Off Challenge 2022, Rotaryana Prima mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang diwakilkan langsung oleh Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tantangan

Di babak Grand Final ini, kedua grand finalist dihadapkan dengan tantangan Mystery Box yang berisi bahan masakan utama yaitu daging sapi. Keduanya ditantang untuk memasak makanan bercita rasa khas Indonesia dengan menggunakan daging sapi sebagai bahan utama dan rempah-rempah khas Indonesia. Tim Nub’s Kitchen menyajikan Beef Gota sedangkan Tim Beunghar El Kitchen menyajikan menu Krengsengan.

Tidak hanya diuji soal skill memasak, peserta juga diberikan tantangan untuk menyelesaikan sebuah business case dari dewan juri dimana kedua peserta harus memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi. Hal ini bertujuan untuk mengasah kemampuan para peserta dalam mengatasi masalah yang kemungkinan akan terjadi ketika menjalankan bisnis kuliner.

Setelah kedua tim melalui berbagai tantangan Grand Final secara ketat, para juri yang terdiri dari Profesional Chef yakni Degan Septoadji, Presiden Asosiasi Profesi Kuliner Indonesia yakni Rafael Triloko, CEO & Founder Laukita Indonesia yakni Adhia Absar Arryman, dan Presiden Direktur PT Rotaryana Karisma Kamdani akhirnya menetapkan Tim Nub’s Kitchen sebagai Juara I Skyline Cook Off Challenge 2022 dan berhak mendapatkan hadiah utama Electrolux Skyline Mini Combi Oven yang merupakan salah satu produk andalan PT Rotaryana Prima, uang tunai senilai Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah), pelatihan bisnis kuliner serta iSi Twist n Sparkle + Charger yang diserahkan langsung oleh Karisma Kamdani Presiden Direktur PT Rotaryana Prima sekaligus perwakilan dewan juri.

Sementara Tim Beunghar El Kitchen menempati posisi Runner Up dan mendapat hadiah berupa uang tunai senilai Rp5.000.000 (lima juta rupiah) serta iSi Twist n Sparkle + Charger. “Terima kasih kepada partisipan yang telah berpartisipasi pada Skyline Cook Off Challenge 2022. Kami sangat mengapresiasi antusias para partisipan,” ungkap Karisma Kamdani, Presiden Direktur PT Rotaryana Prima.

Pencapaian

Hal ini merupakan pencapaian besar bagi Rotaryana Prima dalam melaksanakan Skyline Cook Off Challenge 2022 mengingat antusias luar biasa dari pada pelaku bisnis kuliner hingga kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik.

“Kami berharap semoga event Skyline Cook Off Challenge 2022 bisa memberikan dampak kepada para pelaku bisnis kuliner UMKM untuk terus berinovasi,” jelas Karisma di akhir acara Skyline Cook Off Challenge 2022.

Rotaryana Group menyelenggarakan kegiatan Skyline Cook Off Challenge 2022 (SCOC 2022) yang merupakan kegiatan kompetisi pertama di Indonesia yang memadukan unsur kuliner dan bisnis. Kompetisi yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini diperuntukkan untuk para UMKM dan industri kuliner rumahan Indonesia yang bertujuan untuk menunjukkan kreasi makanan dan kreativitas mereka yang dikemas dalam sebuah video yang menarik, unik dan orisinil sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat Indonesia mengenai pengolahan bahan masakan Indonesia dengan cita rasa yang orisinil dan juga bagaimana makanan tersebut dapat menjadi suatu bisnis kuliner.

Tema

Skyline Cook Off Challenge 2022 (SCOC 2022) mengusung tema “Masakan Nusantara” yang memiliki visi dan misi yang diselaraskan dengan target Pemerintah Indonesia untuk mengangkat kuliner Indonesia bagian dari Nation Branding Indonesia. Setelah melalui penilaian oleh dewan juri, terpilih 5 semi finalist yaitu Tim Ruslan, Tim Dapur Mpok Nur, Tim Nub’s Kitchen, Tim Dapur Lokarasa dan Tim Beunghar El Kitchen.

Kelima peserta yang berhasil masuk ke babak semifinal berkesempatan mendapat training dari Corporate Chef Rotaryana di Showroom Rotaryana Prima, Menteng, Jakarta Pusat. Di bawah pendampingan chef, kelima semi finalist berhasil menyajikan menu masakan khas nusantara andalan masing-masing tim tentunya dengan teknik baru yang telah mereka pelajari sebelumnya.

Setelah melalui masa training, tibalah di babak Top 5 Semi Final Skyline Cook Off Challenge. Para peserta berkompetisi secara ketat menyajikan masakan khas nusantara andalannya kembali yang telah dikreasikan untuk meyakinkan hati para juri yakni Presiden Direktur PT Rotaryana Prima Karisma Kamdani, Presiden Asosiasi Profesi Kuliner Indonesia Rafael Triloko, dan CEO dan Founder Laukita Indonesia Adhia Absar Arryman.

Adapun menu yang disajikan yakni Pepes Nila Kecombrang oleh Tim Beunghar El Kitchen, Sate Maranggi oleh Dapur Lokarasa, Ayam Kemangi oleh Tim Ruslan, Ayam Rica-Rica oleh Nub’s Kitchen, dan Beef Semur oleh Dapur Mpok Nur.

Selain menyajikan menu masakan nusantara, kelima semi finalist juga harus menghadapi Business Plan Challenge. Para Top 5 Semi Finals ditantang untuk mempresentasikan rencana bisnis mulai operasional, perhitungan harga, branding hingga marketing. Business Plan Challenge sendiri ditujukan untuk melihat strategi peserta dalam membangun sebuah bisnis.

Sumber: https://www.liputan6.com/showbiz/read/4980999/tim-nubs-kitchen-juara-ajang-skyline-cook-off-challenge-2022