Rotaryana & SCAI Hadirkan Program Edukasi Menuju World Coffee Event INA 2025

DALAM rangka meningkatkan kualitas kopi profesional guna menghasilkan bibit-bibit unggul yang akan memajukan industri kopi Tanah Air di kancah internasional khususnya dalam hal kompetisi, Rotaryana dan Aksi-SCAI hadirkan Sensory Bootcamp.

Sensory Bootcamp. adalah sebuah workshop tatap muka pertama kali di Indonesia yang kami hadirkan sebagai wadah pembelajaran bagi seluruh pelaku industri kopi guna mengharmonisasikan dan memperkaya wawasan komunitas kopi Indonesia.

Sensory Bootcamp yang telah diadakan di lima kota besar di Indonesia ini terbuka untuk umum dan bersifat gratis bagi siapapun yang siap bergandengan tangan dan menjadi bagian dari aksi bersama kami meningkatkan industri kopi di Tanah Air.

Kurikulum Sensory Bootcamp dirancang secara khusus mengacu pada World Coffee Championship terdiri dari basic knowledge dan technical skill hingga implementasi secara nyata yang diedukasi secara langsung oleh para profesional yang telah tersertifikasi di bidangnya.

Karisma Kamdani, President Director Rotaryana, mengatakan,”Komitmen kami dalam mendukung industri kopi tanah air kami wujudkan dengan menggandeng Aksi-SCAI untuk meyongsong para pelaku industri berkualitas khususnya dalam hal kompetisi kami wujudkan melalui Sensory Bootcamp.”

“Workshop ini kami hadirkan di kota-kota besar di Indonesia guna menyamaratakan perkembangan industri ini mulai dari Timur hingga Barat Indonesia,” jelas Karisma dalam keterangan, Jumat (26/1/2024)..

“Sensory Bootcamp disambut antusiasme dan semangat belajar para peserta yang berkesempatan mengikuti workshop bersama mentor profesional ini.” tambahnya.

Mengingat capacity building bersifat mendasar tapi didesain terarah, Sensory Bootcamp didefinisikan sebagai gerbang utama bagi para pelaku industri ini khususnya sebagai bagian dari kompetisi profesional sebelum melaju ke sertifikasi nasional yang diselenggarakan dengan menggunakan standar Rules and Regulation World Coffee Event yang berlaku.

Rotaryana dan Aksi-SCAI selaku penyelenggara memastikan jaminan mutu pendidikan yang sesuai standar World Coffee Event sehingga mampu menciptakan kompetisi profesional yang memiliki daya saing di forum nasional dan internasional.

Daryanto Witarsa selaku Ketua Umum Aksi SCAI menambahkan bahwa kompetisi yang ideal tentunya diiringi dengan kualitas juri yang kompeten,.

“Oleh karena itu program Sensory Bootcamp ini menjadi gerbang awal untuk para pecinta kopi menjadi bagian dari ekosistem kompetisi kopi professional sebagai juri,” jelas Dariyanto.

Bekerja sama dengan komunitas kopi lokal di masing-masing daerah di mana Sensory Bootcamp diadakan, Rotaryana dan Aksi-SCAI sepakat untuk tidak hanya mengadakan workshop yang berfokus pada aspek pendidikan dan peningkatan keterampilan semata.

Sensory Bootcamp juga menciptakan stigma positif serta membentuk fondasi yang kokoh untuk keberlanjutan industri kopi lokal, menciptakan lingkungan di mana para pelaku usaha kopi lokal dapat berkembang secara berkelanjutan dan memberikan dampak positif pada komunitas sekitar.

“Roadshow Sensory Bootcamp di kota-kota besar ini merupakan langkah awal kami, Rotaryana dan SCAI, mengedukasi serta membuka peluang teruntuk siapapun dengan background apapun yang berkeinginan membangun industri kopi di seluruh wilayah Tanah Air.” tambah Randy Apriza Akbar, Head of Marketing & Communication Rotaryana.

Sumber: https://mediaindonesia.com/ekonomi/646903/rotaryana-scai-hadirkan-program-edukasi-menuju-world-coffee-event-ina-2025