Bisnis Kopi Meluas, Kompetisi Barista dan Latte Artis Memanas

Jakarta, CNBC Indonesia – Roadshow Bezzera Latte Art Competition (BLAC) yang merupakan salah satu kompetisi latte artist bergengsi yang berlangsung di Bali berlangsung sengit dan seru. Semakin banyaknya barista dan pekerja seni di bidang kopi membuat pamor persaingan di bidang coffee shop dan para pekerjanya memanas.

Sebanyak 32 peserta dari berbagai wilayah di Pulau Bali dan sekitarnya saling beradu skill meracik kopi menjadi seni, yang tak hanya indah dipandang namun juga terasa nikmat. Setiap peserta BLAC 2023 akan menghadapi 3 (tiga) babak, yakni preliminary, semi final, dan final dimana peraturan dan regulasi di setiap babaknya mengacu pada peraturan World Latte Art Championship.

Bezzera Latte Art Competition yang diadakan oleh Rotaryana ini masih menggandeng tiga juri profesional. Kemampuan para peserta akan dinilai dari sisi technical dan juga visual oleh 3 (tiga) juri, yakni Rifka Hamanda (Coffee Development @greatbrew dan Certified Technical Judge), Iwan Setiawan (Certified Judge Indonesia Coffee Event), dan Fernandos Ricardo dari Rotaryana yang juga merupakan seorang Certified Coffee Judge.

Para peserta akan dinilai secara keseluruhan mulai dari pattern latte art yang digambar, teknik yang digunakan, hingga kerapihan dan kebersihan dalam proses membuatnya.

Kepiawaian para peserta BLAC di Pulau Bali ini cukup membuat juri terpukau. Meski begitu, hanya ada tiga peserta yang lolos ke babak final. Ketiga peserta ini tentunya tak hanya piawai dalam membuat secangkir latte art, namun juga kemampuan mempresentasikannya di hadapan para juri serta penonton yang hadir.

Ketegangan sangat terasa di sepanjang babak final BLAC 2023 Bali, ketiga peserta berlomba untuk menampilkan yang terbaik untuk memperebutkan golden ticket menuju Grand Final Bezzera Latte Art Competition 2023. Setelah pertarungan sengit diantara ketiganya, I Putu Satria Pratama keluar sebagai Juara 1 Roadshow BLAC 2023 di Bali disusul Pande Gede I Ketut Wedana dan Rafka Givano sebagai Juara 2 dan 3.

“Pemenang dari setiap Roadshow Bezzera Latte Art Competition di kota-kota besar di seluruh Indonesia akan mendapatkan golden ticket untuk menjadi grand finalis di Grand Final BLAC 2023 yang akan diadakan di Jakarta,” ungkap Karisma Kamdani, selaku President Director Rotaryana.

Sebelumnya, kompetisi BLAC 2023 telah berlangsung sukses di Bandung dan Bekasi. Karisma berharap, dengan adanya kompetisi ini, dapat menjadi ruang bertemu bagi para pecinta kopi dan bisa saling berbagi pengalaman. Tidak hanya itu, Ia juga berharap pengalaman ini akan menjadi pembelajaran serta menjadi motivasi tersendiri bagi para Latte Artist di Pulau Bali untuk meningkatkan kemampuan agar dapat mengikuti kompetisi hingga tingkat nasional bahkan internasional.

“Rotaryana berharap kompetisi sekaligus space atau ruang bertemu yang kita prakarsai ini, dapat menjadi destinasi bagi siapapun yang memiliki kecintaan terhadap dunia kopi untuk saling belajar dan berbagi pengalaman,” tuturnya.

Sumber : www.cnbcindonesia.com.bisnis-kopi-meluas-kompetisi-barista-dan-latte-artis-memanas