rotaryana: kitchen & laundry
follow us on twitter
find us on facebook

Event

Coffee Demonstration
Gwilym Davies
(world barista champion 2009)

Banyak ilmu tentang kopi yang diperoleh dari seorang Gwilym Davies (43 tahun), juara Barista Dunia tahun 2009, yang didatangkan khusus ke Indonesia oleh perusahaan Nouva Simonelli dan Rotaryana. Gwilym Davies berbagi passion-nya tentang kopi dan mendemonstrasikan pembuatan espresso yang berlangsung di Anomali Coffee di Setiabudi Building 1 ini kemarin (25 Oktober) selain peragaan latte art-nya yang mengundang decak kagum para undangan. Davies layak menyandang gelar juara dunia Barista karena ia tidak semata menguasai materi kompetisi pada kejuaraan tersebut, tapi ia berbagi bagamana seharusnya pola pikir dan cara kerja seorang barista yang baik.

Pertama, Davies mengubah pandangan mayoritas barista dunia yang menilai sebuah shot hanya berdasarkan panca indera penglihatan atau visual. Menurutnya, hal tersebut tidak selalu akurat karena ada faktor gas yang membuat cairan espresso bertambah, tapi tidak dengan beratnya. Timbangan digital adalah cara yang paling akurat untuk menilai baik buruk sebuah espresso dan ia berharap suatu waktu ada drip tray mesin espresso yang dilengkapi dengan timbangan digital untuk mempermudah pekerjaan seorang barista.

Kedua, bagi Davies, kebersihan komponen portafilter dan group head adalah hal yang sangat vital untuk menjaga rasa kopi. Ia memperagakan bagaimana hanya dalam beberapa shot saja kotoran telah tekumpul pada basket di porta serta group head. Menurut Davies, banyak barista yang melupakan proses penting ini, padahal rasa kopi tanpa terpolusi kotoran kopi sebelumnya tentu jauh lebih terjaga dibanding dengan mesin yang jarang dibersihkan. Ia menganjurkan untuk sesekali membersihkan group head hanya dengan memasang blind filter (basket espresso tanpa lubang2 kecil) lalu melakukan flushing hanya dalam beberapa detik saja.

Karisma Kamdani, Managing Director Rotaryana yang berharap kedatangan Gwilym Davies ke Indonesia dapat memberikan efek positif bagi dunia kopi dan memberikan wawasan terhadap para Barista dan pecinta kopi. Ia juga berkeinginan untuk terus mengadakan event serupa minimal setahun sekali seraya mempromosikan produk unggulan dari Nouva Simonelli sebagai sponsor utama kegiatan ini.

Terima kasih untuk Rotaryana, dan Nouva Simonelli yang telah mendatangkan Gwilym Davies, The World Champ ke Indonesia, dan tentu saja kepada Irvan dan Agam dari Anomali Coffee !

gwilym davies
world barista champion 2009
From: United Kingdom