rotaryana: kitchen & laundry
follow us on twitter
find us on facebook

Event

Indonesian Barista Competition 2014 (Elimation)

Indonesian Barista Competition 2014, atau ajang unjuk keterampilan para peracik kopi, kembali digelar. Lomba yang digelar sepanjang april hingga mei, terbagi atas babak eliminasi yang diselenggarakan di 2 kota yaitu Bali dan Jakarta.

 

BABAK ELIMINASI

Regional Bali
meliputi wilayah Indonesia bag Tengah & Timur, Jawa Tengah, Jawa Timur, dll
Tanggal : 25 - 27 April 2014
Tempat : Rotaryana Office – Bali

Regional Jakarta
meliputi Sumatera, Jabodetabek dan Jawa Barat.
Tanggal : 9 - 11 Mei 2014
Tempat : Rotaryana Office – Jakarta

Dari kejuaraan di dua kota tersebut, akan dipilih 24 pemenang untuk mengikuti Final di tingkat Nasional. Para pemenang pada babak Grand Final IBC 2014 akan mendapatkan hadiah sebagai berikut :
 

Juara Pertama:

Uang tunai Rp 10.000.000,-
Piala dan Sertifikat IBC 2014
Dikirim ke ajang World Barista Championship 2014 di Rimini – Italia

 

Juara Kedua:

Uang tunai Rp 7.500.000,-
Piala dan Sertifikat IBC 2014

 

Juara Ketiga:

Uang tunai Rp 5.000.000,-
Piala dan sertifikat IBC 2014

 

Juara Best Espresso:
Hadiah Produk dari PT. Rotaryana Prima

 

Juara Best Cappuccino:
Hadiah Produk dari PT. Rotaryana Prima

 

Penghargaan untuk Petani :
Uang Tunai Rp 10.000.000 bagi petani yang kopinya digunakan oleh Juara Pertama

 

Ajang yang awalnya direncanakan akan di selenggarakan dua tahunan ini, terbukti telah mendongkrak popularitas industri hilir perkopian di Indonesia. Sepanjang 2011-2013, pelatihan barista, kedai kopi serta profesi barista semakin menjadi pilihan gaya hidup. Tak hanya itu, peserta dan pengunjung kejuaraan setiap musimnya selalu bertambah.

 

Rotaryana sebagai official sponsor, kali ini menggandeng Bezzera sebagai official espresso machine. Bezzera sebagai pionir mesin espresso pertama di dunia, kali ini menghadirkan tipe Galatea sebagai media para barista dalam berkompetisi di IBC, mulai dari babak eliminasi hingga grand final.

Dan di bagian penjurian, Head Judge pada babak eliminasi regional Bali kali ini dikepalai oleh Bapak Agustinus Tassi dimana dia adalah seorang roaster di Caswell’s dan pemenang pertama dari IBC 2009 serta Ms. Fiona dari Bangkok. Sedangkan untuk eliminasi Jakarta adalah Ibu Myra Yudhawati, seorang Q Grader atau penguji cita rasa kopi dan Bapak Agustinus Tassi.

Pada babak eliminasi tahun ini, para pesertaharus membuat 4 espresso dan 4 cappucinno dalam waktu 10 menit. Keterampilan, konsentrasi, knowledge tentang kopi serta skill presentasi menjadi nilai plus dimata juri bagi para peserta. Dan untuk signature drink kali ini hanya di buat oleh para finalis yang nanti akan bertanding di La Piazza, Kelapa Gading pada tanggal 22 – 24 Mei 2014.


Berikut adalah daftar peserta finalis yang akan bertanding di tanggal 22 - 24 Mei 2014 :