Monday, March 29th, 2021

JAKARTA – Kopi nusantara kini telah menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Hal itu ditandai dengan bermunculannya pengusaha lokal yang membangun kedai di berbagai kota di seluruh Indonesia. Diikuti semakin menjamurnya bisnis kedai kopi atau coffee shop, serta semakin meningkatnya tren minum kopi, terutama di kalangan milenial.

Di antara dinamika perayaan kopi nusantara tersebut, bisnis kedai kopi atau coffee shop adalah yang paling menonjol sebagai bisnis yang sangat menjanjikan saat ini. Pertumbuhan gerai kopi di dalam negeri terus menunjukkan peningkatan.

Dari data Kementerian Perindustrian, pada tahun 2016 ada sekitar 1.000 kedai kopi. Angka ini sudah meningkat hingga lebih lebih dari 2.950 gerai kopi per Agustus 2019. Hal ini menjadi kesempatan bagi pelaku industri kopi seperti Rasa Group dan Rotaryana Group untuk memasok kebutuhan kedai tersebut.

Pemilik Rotaryana Group, Karisma Kamdani mengatakan, bahwa Rotaryana terus berusaha untuk dapat mengikuti perubahan tren yang sangat cepat di industri cafe dan retail kopi. Untuk itu Rotaryana juga menawarkan, produk mesin kopi Allcoff, Bezzera dan Mazzer.

“Kami berusaha menangkap peluang industri kopi dengan memberikan mesin espresso modern sebagai pendamping barista dalam menciptakan kopi terbaik,” kata Karisma.

Sekedar informasi, Rotaryana awalnya bermula sebagai perusahaan contractor turnkey untuk kitchen dan laundry equipment untuk hotel dan chain/franchise restaurant. Saat ini perusahaan yang berdomisili di Jakarta tersebut terus mengikuti perkembangan jaman dan ber transformasi ke arah digital ke depan. Baik dari segi operation, marketing dan sales.

“Target kami dalam satu tahun ini sudah ada divisi Rotaryana yang fokus pada digital sales dan marketing dan aktif di online business activity dari segi sales dan after sales,” jelas Karisma.

Karisma menyadari peluang di 2021 untuk commercial kitchen equipment masih ada. Namun masih terkoreksi oleh faktor pandemi Covid-19 yang sulit diprediksi arahnya, dan ini masih menjadi faktor utama dalam penentuan keputusan investor.

Sumber: https://ekbis.sindonews.com/read/345816/34/bisnis-kopi-makin-harum-rasa-group-dan-rotaryana-group-sambut-peluang-1614175368